Demo Blog

monumen SEROJA

by bonjer on Nov.22, 2009, under


Monument seroja merupakan sebuah monument penghotmatan dan monument sejarah pejuangan serta pembangunan di propinsi timor-timur yang selama 23 tahun menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, sejak tahun 1976 - 1999 Monumen Seroja merupakan perwujudan rasa hormat anak bangsa untuk mengenal para pejuang yang telah gugur di Timor-Timur. Pembangunan Monumen Seroja merupakan simbol penghormatan dan penghargaan serta fakta sejarah tentang arti pengorbanan para pejuang RI di Timor Timur.
Monumen Seroja dibangun di atas areal tanah seluas 126 x 92,5 m2 yang berlokasi di komplek Mabes TNI, Cilangkap Jakarta Timur. Bangunan fisik terdiri dari dua buah Bangunan Perenungan, yakni Perenungan Awal dan Perenungan Akhir, masing-masing berukuran 6 x 6 m2. Panel berbentuk bendera sejumlah 23 buah, yang dibagian atas terdapat relief perjuangan Timor Timur, sedangkan bagian bawah tertulis nama para pejuang seroja yang gugur di Timor Timur.
Pembangunan monumen ini dilaksanakan pada masa Panglima TNI dijabat oleh Laksamana Widodo AS, dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Megawati Soekarno Putri pada tanggal 10 Nopember 2002. Kemudian pada masa Panglima TNI dijabat oleh Jenderal TNI Endriartono Sutarto dilaksanakan renovasi monumen diantaranya menambahkan nama-nama Pejuang Seroja yang belum terukir di bagian bawah Relief.



1 komentar more...

1 komentar

  • triasriw

    pagi mba.. artikelnya bagus.. saya mau tanya mba, saya sedang menyusun skripsi nih. boleh tau gak sumber mba memperoleh data pejuang-pejuang yang gugur dari mana ? thx ya

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

slide

My Visitors

free counters

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!