Demo Blog

pesona nan elok DANAU RANAU

by bonjer on Nov.22, 2009, under

   Danau Ranau terletak di kecamatan Banding Agung kabupaten UKO selatan. Berjarak sekitar 342 km dari kota Palembang, 130 km dari Baturaja, 50 km dari Muara dua. Atau apabila ditempuh dari kota Bandar lampung bisa melalui Bukit kemuning dan Liwa. Secara geografis, danau ini terletak di perbatasan Kabupaten OKU Selatan Propinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten Lampung Barat Propinsi Lampung. Danau Ranau memiliki luas sekitar 8×16 km dengan latar belakang Gunung Seminung (ketinggian ± 1.880 m dpl), dikelilingi oleh bukit dan lembah. Pada malam hari udara sejuk dan pada siang hari suhu berkisar 20° - 26° Celsius. Terletak pada posisi 4°51′45″ bujur selatan dan 103°55′50″ bujur timur.
   Danau ranau terletak di daerah perbukitan berlembah sehingga memiliki cuaca yang sangat sejuk, dan tentunya keadaan alamnya pun masih sangat alami. Pemandangan alamnya pun sungguh menakjubkan ditambah lagi ditengah danau terdapat pulau kecil (pulau marisa) yang menjadi pelengkap keindahanya. Sebagai salah satu tujuan wisata danau ranau juga memiliki sumber air panas dan objek pendukung lainya seperti air terjun dan resort. Selain itu, juga terdapat beberapa jenis ikan hidup di danau, antara lain mujair, kepor, kepiat, dan harongan.
   Pulau Marisa sebenarnya daratan yang terpisah dari kaki Gunung Seminung karena genangan air danau. Di daratan yang luasnya tidak lebih dari satu hektar itu terdapat pohon-pohon kelapa, dan pengunjung bisa sekadar mampir untuk menikmati keindahan secuil daratan itu.

   Danau Ranau memang memiliki pesona. Bagaimana tidak? Bekas letusan gunung berapi tersebut seolah membentuk panggung alam nan elok. Gunung Seminung  menjulang 1.880 meter di atas permukaan laut menjadi latar belakang dengan nuansa magis. Tebing dan barisan perbukitan menjadi pagar pembatas panggung megah itu.Hamparan sawah hijau berpadu dengan air Danau Ranau yang biru seolah menjadi pelataran tempat berbagai jenis ikan berenang. Butir-butir kopi yang merah seakan-akan menjadi pemanis keindahan itu.
   Menurut legenda yang ada, danau ranau tercipta dari latusan dasyat gunung berapi yang kemudian membentuk cekungan besar. Kemudian sungai besar yang sebelumnya mengalir di kaki gunung berapi menjadi sumber utama yang mengisi cekungan tersebut. Yang kemudian menjadi cikal bakal terjadinya danau ranau. Sekeliling danau di tumbuhi dengan semak, yang disebut-sebut oleh warga sekitar danau dengan nama ranau. Nama inilah yang kemudian dijadikan nama danau tersebut yaitu DANAU RANAU. Sisi dari letusan gunung api tersebut kini menjadi gunung seminung yang berdiri kokoh ditepi danau berair jernih tersebut. 
2 komentar more...

2 komentar

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

slide

My Visitors

free counters

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!